Rabu, 12 November 2008

Model Pembinaan Lesson Study


LESSON STUDY
Sebagai Salah Satu Model Pembinaan Profesi Pendid
ik

LESSON STUDY ?

Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community.

Lesson Study è Kegiatan Kelompok Guru è untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang diselenggarakannnya

Community Learning h 1) Guru dan 2) Pakar Pembelajaran

SKEMA KEGIATAN DALAM LESSON STUDY

Planing---Doing----Refleksi

PLAN

Identifikasi Masalah

Didiskusikan dalam Community Learning

Sumbangan pemikiran thd. Masalah

Penyusunan lembar observasi

Penyusunan perangkat pembelajaran :

RPP

LKS

Media / alat peraga pembelajaran

Instrumen penilaian prose dan hasil belajar

Lembar Observasi Pembelajaran

Observasi

Seorang guru ditunjuk untuk melakukan implementasikan planning, dan yang lain melakukan rekaman dan menilai plus minus terhadap praktek observasi

Refleksi

Guru yang melakukan implementasi rencana pembelajaran menyampaikan kesan-kesannya ketika observasi dan yang lain ( guru dan para pakar ) menyampaikan hasil analisis observasi

Mengapa perlu Lesson Study ?

DASAR YURIDIS :

UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen :

Pasal 20 : Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban :

a. Merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;

b. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

Pasal 32 :

a. Pembinaan dan mengembangan guru meliputi pembinaan dan pengembangan profesi dan karier

b. Pembinaan dan pengembangan profesi guru meliputi kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional

Pasal 34 :

a. Pemerintah dan pemerintah daerah wajib membina dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi guru pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah, pemerintah daerah dan / atau masyarakat.

PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 19

Setiap Satuan Pendidikan melakukan perencaan, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif

Alasan Lesson Study :

Lesson Study merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa, karena :

Didasarkan pada hasil sharing pengetahuan profesional

Penekanan dasar Lesson Study adalah siswa memiliki kualitas belajar

Titik fokus dan titik perhatian utama adalah tujuan pembelajaran

Didasarkan pada pengalaman real di kelas

Menempatkan guru sebagai peneliti pembelajaran

Lesson Study akan menghasilkan guru yang profesional dan inovatif

Manfaat Lesson Study :

Mengurangi keterasingan guru dari komunitasnya;

Membantu guru untuk mengobservasi dan mengkritisi pembelajarannya;

Memperdalam pemahaman guru tentang materi pelajaran, cakupan dan urutan kurikulum;

Membantu guru memfokuskan bantuannya pada seluruh aktifitas belajar siswa

Menciptakan terjadinya pertukaran-pertukaran harapan untuk pemahaman berfikir dan belajar siswa

Meningkatkan kolaborasi pada sesama guru dalam pembelajaran;

Peningkatan mutu guru dan pembelajaran akan meningkatkan mutu lulusan;

Guru memiliki kesempatan untuk membuat bermakna ide-ide pendidikan dalam praktek pembelajarnnya

Guru mudah berkonsultasi kepada para pakar dalam hal pembelajaran atau kesulitan materi pelajaran

Perbaikan praktek pembelajaran di kelas

Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah atau buku ajar

PELAKSANAAN LESSON STUDY

  1. Membentuk kelompok lesson study : merekrut anggota, menyusun komitmen waktu khusus, menyusun jadwal pertemuan, dan menyetujui aturan kelompok;
  2. Memfokuskan lesson Study;
  3. Merencanakan Pembelajaran;
  4. Melaksanakan Pembelajaran di kelas dan mengamatinya ( observasi );
  5. Mendistribusikan dan menganalisis pembelajaran yang telah dilaksanakan;
  6. Merefleksikan pembelajaran dan merencanakan tahap-tahap selanjutnya

Model Pelaksanaan Lesson Study

Berbasis Madrasah

Pembentukan Lesson Study dengan anggota community learning terdiri dari guru-guru suatu mapel dalam satu madrasah.

Berbasis KKG atau MGMP

Pembentukan Lesson Study dengan anggota Community Learning terdiri dari anggota KKG atau MGMP

Berbasis Kelompok Sekolah yang Berdekatan

SEMINAR PERENCANAAN DAN HASIL LESSON STUDY

Agar diperoleh pembelajaran yang baik, maka perencanaan perangkat pembelajaran suatu kelompok perlu memperoleh tanggapan dari kelompok yang lain

Pelaksanaan hal tersebut dapat dilaksanakan dalam suatu diskusi dan seminar perencanaan dan hasil lesson study



Sumber: kepala seksi kurikulum, Mapenda Depag kanwil Jateng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar