LESSON STUDY
Sebagai Salah Satu Model Pembinaan Profesi Pendidik
LESSON STUDY ?
Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community.
Lesson Study è Kegiatan Kelompok Guru è untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang diselenggarakannnya
Community Learning h 1) Guru dan 2) Pakar Pembelajaran
SKEMA KEGIATAN DALAM LESSON STUDY
PLAN
– Identifikasi Masalah
– Didiskusikan dalam Community Learning
– Sumbangan pemikiran thd. Masalah
– Penyusunan lembar observasi
– Penyusunan perangkat pembelajaran :
• RPP
• LKS
• Media / alat peraga pembelajaran
• Instrumen penilaian prose dan hasil belajar
• Lembar Observasi Pembelajaran
• Observasi
Seorang guru ditunjuk untuk melakukan implementasikan planning, dan yang lain melakukan rekaman dan menilai plus minus terhadap praktek observasi
• Refleksi
Guru yang melakukan implementasi rencana pembelajaran menyampaikan kesan-kesannya ketika observasi dan yang lain ( guru dan para pakar ) menyampaikan hasil analisis observasi
• Mengapa perlu Lesson Study ?
• DASAR YURIDIS :
– UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen :
• Pasal 20 : Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban :
a. Merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
b. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
• Pasal 32 :
a. Pembinaan dan mengembangan guru meliputi pembinaan dan pengembangan profesi dan karier
b. Pembinaan dan pengembangan profesi guru meliputi kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional
• Pasal 34 :
a. Pemerintah dan pemerintah daerah wajib membina dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi guru pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah, pemerintah daerah dan / atau masyarakat.
– PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 19
– Setiap Satuan Pendidikan melakukan perencaan, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif
• Alasan Lesson Study :
– Lesson Study merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa, karena :
• Didasarkan pada hasil sharing pengetahuan profesional
• Penekanan dasar Lesson Study adalah siswa memiliki kualitas belajar
• Titik fokus dan titik perhatian utama adalah tujuan pembelajaran
• Didasarkan pada pengalaman real di kelas
• Menempatkan guru sebagai peneliti pembelajaran
– Lesson Study akan menghasilkan guru yang profesional dan inovatif
– Manfaat Lesson Study :
– Mengurangi keterasingan guru dari komunitasnya;
– Membantu guru untuk mengobservasi dan mengkritisi pembelajarannya;
– Memperdalam pemahaman guru tentang materi pelajaran, cakupan dan urutan kurikulum;
– Membantu guru memfokuskan bantuannya pada seluruh aktifitas belajar siswa
– Menciptakan terjadinya pertukaran-pertukaran harapan untuk pemahaman berfikir dan belajar siswa
– Meningkatkan kolaborasi pada sesama guru dalam pembelajaran;
– Peningkatan mutu guru dan pembelajaran akan meningkatkan mutu lulusan;
– Guru memiliki kesempatan untuk membuat bermakna ide-ide pendidikan dalam praktek pembelajarnnya
– Guru mudah berkonsultasi kepada para pakar dalam hal pembelajaran atau kesulitan materi pelajaran
– Perbaikan praktek pembelajaran di kelas
– Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah atau buku ajar
• PELAKSANAAN LESSON STUDY
- Membentuk kelompok lesson study : merekrut anggota, menyusun komitmen waktu khusus, menyusun jadwal pertemuan, dan menyetujui aturan kelompok;
- Memfokuskan lesson Study;
- Merencanakan Pembelajaran;
- Melaksanakan Pembelajaran di kelas dan mengamatinya ( observasi );
- Mendistribusikan dan menganalisis pembelajaran yang telah dilaksanakan;
- Merefleksikan pembelajaran dan merencanakan tahap-tahap selanjutnya
• Model Pelaksanaan Lesson Study
• Berbasis Madrasah
Pembentukan Lesson Study dengan anggota community learning terdiri dari guru-guru suatu mapel dalam satu madrasah.
• Berbasis KKG atau MGMP
Pembentukan Lesson Study dengan anggota Community Learning terdiri dari anggota KKG atau MGMP
• Berbasis Kelompok Sekolah yang Berdekatan
• SEMINAR PERENCANAAN DAN HASIL LESSON STUDY
• Agar diperoleh pembelajaran yang baik, maka perencanaan perangkat pembelajaran suatu kelompok perlu memperoleh tanggapan dari kelompok yang lain
• Pelaksanaan hal tersebut dapat dilaksanakan dalam suatu diskusi dan seminar perencanaan dan hasil lesson study
Sumber: kepala seksi kurikulum, Mapenda Depag kanwil Jateng
Tidak ada komentar:
Posting Komentar